Rabu, 27 Mei 2009

COLOSTRUM SYNERGY

PENINGKAT DAYA TAHAN TUBUH
Oleh : dr. Roy Indrasumantri.

Kesempurnaan kasih saying seorang ibu akan terasa lengkap ketika ibu menyusui bayi yang baru dilahirkannya. Air susu ibu (ASI) yang keluar sejak awal setelah melahirkan hingga 12-24 jam merupakan harta yang tek ternilai harganya karena mengandung kolostrum yang sangat dibutuhkan bayi.

Kolostrum cairan bening kekuningan agak kental yang dihasilka oleh kelenjar susu ini akan memacu lebih dari 50 proses dalam tubuh sang buah hati. Berbeda dengan ASI yang dihasilkan setelah 24 jam berikutnya, kolostrum mempunyai banyak kelebihan, seperti :

  1. Kandungan zat gizinya lebih tinggi.
  2. Kandungan immunoglobulin, factor pertumbuhan dan antibody spesifik lebih tinggi yang diperlukanuntuk membantu meningkatkan imun dasar.
  3. Kandungan lemak dan kadar gula yang lebih rendah yang sangat sesuai untuk mengimbangi kadar gula darah yang tinggi ketila bayi dilahirkan.
  4. Kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi.
  5. Kandungan enzyme pencernaan untuk membantu system pencernaan bayi yang belum sempurna.
  6. Memudahkan bayi untuk mengeluarkan kotoran pertamanya yang berwarna hitam kehijauan.

Dilihat dari manfaat kolostrum yang luar biasa initernyata dapat pula dirasakan oloeh orang dewasa, terutama setelah masa pubertas dimana jumlah dari factor imun dan faktor pertumbuhan mulai berkurang kadarnya sehingga memerlukan tambahan agar tubuh tetap sehat dan untuk perbaikan jaringan sel tubu. Sudah tentu kolostrum yang dikonsumsi bukan berasal dari ASI tetapi dikembangkan dsan diolah dari kolostrum sapi, dimana salah satu produk unggulan yang sudah dipasarkan di Indonesia adalah Colostrum Synergy.

Colostrum Synergy berasal dari kolostrum Bovine yang berasal dari susu sapi yang mempunyai kemiripan dengan ASI, bahkan dari penelitian di Amerika dan Jepang komponen faktor imun kolostrum Bovine 10-20 kali lebih tinggi dari ASI.

Pada tahun 1994, para ilmuwan telah menemukan bahwa glikoprotein yang terkandung dalam kolostrum memiliki fungsi paling yang mengandung enzyme trypsin dan menghambat protease yang menjaga agar faktor imunitas dan faktor pertumbuhan (Growt Factor) dari kolostrum tidak rusak oleh enzyme dan asam lambungsehingga tidak rusak ketika diserap dalam usus halus.

Colostrum mengandung 5 imunoglobulin yang berfungsi sebagai antibody untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Kemampuan dari kelima imunoglobulin ini berguna untuk mencegah tubuh dari bahaya infeksi virus dan bakteri, menetralkan racun, bertanggungjawab membantu mencegah dari terjadinya proses alergi, serta merespon tubuh tahap awal terhadap bahaya penyakit infeksi. Dimana salah satu kandungan imunoglobulinnya, yaitu Imunoglobulin G (Ig G) dalam kolostrum yang relative lebih tinggi dari dibandingkan dengan Ig A, Ig M, Ig E dan Ig D. Keberadaan Ig G dapat menetralisir racundari bakteri, virus ataupun mikroba yang terdapat dalam sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Keberadaan Ig G sering dipakai acuan untuk menilai dari kualitas produk produk kolostrum yang beredar dipasaran dunia. Berbeda dengan produk yang sudah ada, Colostrum Synergy dapat dilihat didalam Ig G yang dikandungnya mencapai 9% dari berat kolostrumnya.

Kandungan 7 faktor pertumbuhan (Growth Factor) memiliki fungsi memperbaiki jaringan tubuh dan mempercpat penyembuhan luka, membantu melindungi dan merawat kulit, meningkatkan massa otot, membantu mempertahankan dan kadar kolesterol normal dalam darah, membantu menunda penuaan, mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), mencegah kanker dan membantu regenerasi sel saraf. Salah satu kandungannya yaitu :
Insuline-like growth factor I yang bekerja menyerupai horman pertumbuhan (Growth Hormon) untuk proses pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh.

Lactoferrin merupakan ikatan protein dan mineral besi yang berfungsi anti-virus, anti-bakteri dan anti-radang serta anti-kanker. Bersama dengan Lyzozym dan immunoglobulin A (Ig A) yang terkandung dalam kolostrum berfungsi sebagai probiotik yang bertanggungjawab untuk memelihara kesehatan saluran cerna di usus dengan menjaga perkembangbiakan flora usus normal dan menekan perkembangbiakan dari bakteri yang membahayakan.

Praline Rich Polypeptide (PRP) merupakan hormone yang mengatur kelenjarthymus yang mengatur regulasi pelepasan ataupun kelebihan system imun tubuh seperti pada penyakit autoimun (Systemic Lupus Erytematous, Rheumatoid Arthritis, Myasthenia Gravis, Guillen Bare Syndrome dll). Cara kerja dari PRP dengan menghambat over produksi dari sel darah putih dan system sel-T yang berperan dalam imunitas.

Kandungan vitamin A, B1, B6, B12, C, E dan asam folat berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu mencegah kerusakan sel, memperkuat system imun , dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh. Adanya mineral kalsium, kromium, besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, dan sulfur berfungsi antioksidan, memperkuat dan manjaga kesehatan tulang dan sendi, menjaga keseimbangan cairan dalam sel dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Banyak produk kolostrum beredar didunia, dimana sering timbul keraguan dalam memakai produk kolostrum yang berasal dari Bovine (sapi) terutama pada orang yang memiliki alergi terhadap laktosa pada susu. Menurut Dr.Robert Preston, bersama dengan the International Institute of Nutritional Research, mengatakan bahwa kolostrum aman dan tidak membahayakan lebih dari 100 tahun penggunaannya, tidak ada laporan maupun kontradiksi, efek samping atau alergi terhadap kolostrum Bovine selama tingkat kemurnian dan pengolahannya terjaga dengan baik. Colostrum Synergy lebih mengedepankan kualitas kemurnian dan quality control yang ketatdi dalam proses produksinya.

Komposisi Colostrum Synergy
Tiap kapsul mengandung 350 mg colostrum dengan kadar imunlglobulin G (Ig G) mencapai 9%.

Manfaat Umum :

  1. Suplemen gizi bagi anak maupun orang dewasa.
  2. Nutrisi yang cocok untuk ibu hamil dan lanjut usia.
  3. Merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan.
  4. Memperlambat proses penuaan.
  5. Mencegah osteoporosis.
  6. Menghambat pertumbuhan tumor.
  7. Meningkatkan daya konsentrasi.
  8. Menghaluskan kulit dan rambut.
  9. Anti bakteri.
  10. Anti parasit.
  11. Anti virus.
  12. Anti kanker.
  13. Mengandung probiotik untuk kesehatan pencernaan.
  14. Memperbaiki penyakit autoimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar